Dosen Kewirausahaan UPP Paparkan Cara Menjadi Entrepreneur Sukses di Usia Muda

Dosen Kewirausahaan UPP Paparkan Cara Menjadi Entrepreneur Sukses di Usia Muda

ROKANHULU– Untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses bagi kalangan usia muda tidaklah mudah untuk menggapainya. Tetapi untuk menjadi orang sukses tidak harus menunggu tua.

Terbukti saat ini semakin banyak entrepreneur muda yang sukses dengan berbagai macam usaha yang digelutinya. Namun, untuk menjadi sukses bukanlah yang mudah diraih. Berbagai cara menjadi entrepreneur perlu dipelajari agar apa yang diimpikan nantinya dapat terwujud.

Tryani Capeg Handmandho SKM MBA salah seorang dosen Progrram Studi (Prodi) Kewirausahaan Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Jumat (26/08/2022) kepada Riauposting.id menguraikan, bahwa membangun usaha sendiri adalah hal yang sah-sah saja. Namun untuk memulainya, perlu persiapan yang matang, termasuk menyiapkan mental hingga modal untuk membangun sebuah usaha.

Untuk itu, lanjut Tryani, cara menjadi entrepreneur sukses di usia muda yang perlu diperhatikan adalah Ketekunan. Hal ini mungkin terdengar sederhana. Tetapi untuk benar-benar tekun menjalankan bisnis sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Diperlukan konsistensi, kerja keras, dan pantang menyerah ketika menghadapi tantangan usaha.

“Seorang entrepreneur harus siap untuk menghadapi tantangan baik dari dalam diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Seorang entrepreneur harus lebih dulu menantang diri sendiri agar tetap semangat menghadapi hal yang terjadi, dan juga harus gesit mencari tantangan selanjutnya untuk mencapai tujuan,” ,” tuturnya.

Tryani yang juga merupakan Owner Hore Steak, Pentol Dower, Maibu, Dara Food, Sambal Dara, dan Ciken Box menjelaskan, bahwa cara berikutnya yaitu Memilih usaha sesuai passion. Tidak sedikit pengusaha sukses yang awalnya memulai usahanya dari hobi. Hal ini karena usaha tersebut dilakukan berdasarkan kesenangan sehingga terasa lebih ringan dan dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengawali bisnis.

“Seorang entrepreneur harus dapat memilihnya sesuai dengan passion. Mulai dari teknologi, kuliner, atau passion sehingga dapat mendalami bisnis yang dimulai. Contohnya jika menyukai fashion dan memiliki pengetahuan seputar fashion, tentunya entrepreneur dapat memulai usaha pembuatan pernak pernik fashion, dan lain sebagainya. Ketika bekerja dengan passion, entrepreneur tidak akan lelah meskipun bekerja selama berjam-jam dan tetap semangat untuk menghadirkan ide-ide inovatif yang belum pernah dibayangkan sebelumnya,” ucap Tryani.

Dosen Prodi Kewirausahaan UPP itu menambahkan, menjadi entrepreneur selanjutnya adalah berani mengambil resiko dan ingin mendapatkan hal-hal yang baru dalam hidupnya. Nah, selain poin diatas seorang entrepreneur perlu membiasakan diri mengambil keputusan dengan mempertimbangkan berbagai resiko, mulai dari resiko terkecil. Calon pengusaha bisa ditentukan berdasarkan bagaimana cara memandang masalah.

“Selain untuk mempertimbangkan berbagai resiko, seorang entrepreneur harus memiliki percaya diri dalam mebangun sebuah usaha. Rasa percaya diri akan menghilangkan berbagai ketidakpastian yang biasanya menjadi ketakutan para entrepreneur ketika memulai usaha. Jadi seorang entrepreneur harus yakin dengan pengalaman, kemampuan, dan ilmu yang dimiliki,” tambahnya.

Tryani lebih jauh memaparkan, masih banyak cara lain untuk menjadi entrepreneur sukses di usia muda, adapun cara lainnya yaitu perlunya menimba ilmu. Untuk mendapatkan ilmu tentang menjadi seorang entrepreneur sukses di usia muda salah satunya mengikuti pendidikan dibidang Kewirausahaan.

“Nah, demi mewujudkan dan membuktikan menjadi entrepreneur sukses di usia muda tentu salah satunya menuntut ilmu di Universitas Pasir Pengaraian (UPP) di Prodi Kewirausahaan. Karena di Prodi Kewirausahaan mahasiswa akan di didik menjadi entreprenuer yang sukses,” ungkapnya.